Tuesday 8 August 2017

Ini Alasan Ahok Batal Hadir di Sidang Buni Yani

http://bit.ly/2rGVMnJ
Buni Yani menjalani sidang lanjutan kasus dugaan pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bandung, Jalan Seram, Selasa (8/8/2017). Sidang kali ini menghadirkan dua saksi ahli berdasarkan ajuan jaksa penuntut umum (JPU), yaitu Ahli Hukum Pidana Efendi Saragih dan Ahli Informasi dan Tekhnologi (IT) Teguh Prayitno. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)


Agenda sidang lanjutan Buni Yani pada Selasa (8/8/2017) adalah mendengarkan keterangan dari saksi fakta dan saksi ahli.
Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahoksebelumnya dikabarkan akan hadir sebagai saksi pada sidang kali ini.

Tetapi, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Andi M Taufik mengatakan saat persidangan, Ahok batal dihadirkan dalam sidang.
Andi M Taufik menuturkan alasan ketidakhadiran Ahokdikarenakan beberapa alasan, di antaranya adalah jarak yang cukup jauh dan kesehatan yang kurang baik. Mengetahui hal tersebut, penasihat hukum Buni Yani merasa keberatan.
Penasihat hukum Buni Yani juga menuding ada diskriminasi hukum terhadap saksi.
"Jaksa seharusnya bisa memaksa saksi datang, sehingga ini ada diskriminasi hukum. Kalau alasan jauh, kami juga jauh. Kalau alasan kesehatan, harus dibuktikan," kata penasihat hukum Buni Yani merespon pernyataan JPU.
Andi M Taufik juga mengatakan jika Ahok tidak dapat hadir, maka JPU akan membacakan surat BAP Ahok saja.
Sebelumnya, Buni Yani diseret ke meja hijau setelah mengungah potongan video Ahok saat berkunjung ke Kepulauan Seribu.
Saat video dibuat, Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.
Buni Yani didakwa menggunakan pasal 28 ayat (2) dan pasal 32 ayat (1) Undang-undang No 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

0 comments:

Post a Comment